Novelss’s Blog

Ciri-ciri virus

Posted on: Mei 11, 2009

Ciri-ciri Virus

oleh :

Sinta Sasika Novel, S.Si

Virus di dunia ini sangat banyak ragamnya, virus bervariasi dalam hal struktur, organ genom, ekspresi maupun strategi replikasi dan transmisinya. Demikian pula dengan inang untuk satu virus, bisa sangat luas atau juga bisa sangat terbatas. Virus diketahui bisa menginfeksi organisme bersel satu seperti mikoplasma, bakteri, alga, dan semua binatang atau tanaman tingkat tinggi. Istilah dan definisi di dalam virologi :

(1)    kapsid, mantel protein yang membungkus genom asam nukleat

(2)    Kapsomer, unit morfologi yang terlihat dengan mikroskop elektron, terletak di atas permukaan ikosahedral partikel virus. Kapsomer mewakili kluster-kluster polipeptida tetapi unit morfologik tersebut secara kimiawi bukan menjadi bagian penting batas dari unit struktur.

(3)    Virus lemah, senuah partikel virus yang secara fungsional mengalami kekeurangan dalam beberapa aspek replikasi.

(4)    Amplop, sebuah membran lipid yang mengelilingi partikel virus. Ini diperoleh melalui proses pertunasan yang menembus membran sel selama pematangan virus. Glikoprotein yang dikodekan oleh virus ditunjukkan di atas permukaan amplop. Proyeksi ini disebut dengan peplomers.

(5)    Nukleokapsid, suatu kompleks protein asam nukleat yang meakili bentuk bungkus gen virus. Istilah ini biasanya digunakan dalam kasus dimana nukleokapsid adalah substruktur dari kompleks partikel virus yang lebih banyak.

(6)    Unit struktur, protein dasar yang membentuk dinding mantel. Struktur ini biasanya terdiri dari kumpulan lebih dari satu sub unit protein yang tidak sama (non identik). Unit struktur ini sering dianggap sebagai sebuah protomer.

(7)    Sub unit, sebuah rantai polipeptida virus yang terkumpul menjadi satu.

(8)    Virion, partikel virus lengkap

Virus memiliki karekteristik (1) hanya memiliki satu jenis asam nukleat (RNA atau DNA), sedangkan sel memiliki kedua jenis asam nukleat, (2) tidak memiliki sistem sintesis sendiri (tidak memiliki ribosom), (3) tidak melakukan metabolisme makanan untuk menghasilkan ATP, (4) beberapa virus memiliki amplop (envelope) tetapi bahan yang digunakan untuk membuat amplop tersebut bersala dari membran inangnya, dan (4) tidak terpengaruh oleh antibiotik. Sejumlah virus hewan menyebabkan berbagai penyakit yang relatif ringan sampai penyakit ganas yang mengancam jiwa seperti kanker.

Sifat-sifat berikut ini telah digunakan sebagai dasar untuk mengklasifikasikan virus. Sejumlah informasi yang tersedia di dalam setiap kategori tidak sama pada semua virus. Cara perincian virus berubah dengan cepat. Mengurutkan gen, sekarang ini sering dilakukan dalam identifikasi awal virus dan perbandingan dengan data dasar dapat menyingkirkan kebutuhan akan data klasik yang lain (berat jenis virion, dsb) :

  1. Morfologi virion, meliputi ukuran, bentuk, jenis tangkup, ada tidaknya amplop.
  2. Bagian-bagian gen virus, meliputi: jenis asam nukleat (RNA atau DNA), ukuran gen dalam kilobase (kb) atau kilobase pair (kbp), untaian (tunggal atau ganda), apakah linear atau sirkuler, sense (positif, negatif, ambisense), segmen (jumlah, ukuran), deretan nukleotid, isi G+C, adanya fitur khusus (elemen berulang, isomerisasi, cap terminal 5’, terminal 5’ protein yang terangkai secara kovalen, terminal 3’ jalur poli A)
  3. Bagian-bagian fotokimia virion, meliputi: banyaknya molekul, berat jenis, stabilitas pH, stabilitas suhu dan tingkat pengaruhnya terhadap agen fisik dan kimiawi, khususnya ether dan deterjen.
  4. Bagian-bagian protein virus, meliputi: jumlah, ukuran, dan aktivitas fungsional dari protein struktural dan nonstruktural, deretan asam amino, modifikasi (glikosilasi, fosforilasi, miristilasi) dan aktivitas fungsional khusus (transkriptase, neuramiridase, aktivitas penggabungan/fusi).
  5. Bagian-bagian antigen
  6. Organisasi dan replikasi gen, meliputi: jenis gen jumlah dan posisi kerangka pembacaan terbuka, strategi dari replikasi (pola transkripsi, translasi) dan tempat sel (akumulasi protein, kerapatan virion, pengeluaran virion).
  7. Bagian-bagian biologi, termasuk: kisaran alami inang, cara penularan, hubungan dengan vektor, patogenitas tropisme jaringan, dan patologi.

4 Tanggapan to "Ciri-ciri virus"

tlong dong di perjelas

Apa nya yang diperjelas?

Kalau mau lebih jelas, kamu bisa kirim email ke

kikyo_novel@yahoo.com

atau

cibe.cibi@gmail.com

apa ciri-ciri virus biologi itu?

Iya itu ciri2 virus biologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Mar   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: